Latest
Loading...

Globalisasi Budaya Nusantara

Globalisasi Budaya Nusantara



Teman, apa kabatlian pernah mendengar kata Batik. Yups !! Batik memang identitik dengan keunikannya. Selain warnanya yang bervariasi, batik juga memiliki motif-motif yang tidak kalah cantiknya. Proses pembuatannya pun juga membutuhkan waktu yang lama.

Mula-mula kita membuat pola yang diinginkan. Kemudian kita nglowongi dalam istilah Jawa. Lalu kita memberi isian pada motif batik yang sudah diklowongi atau disebut juga nyecek. Mungkin kita bisa menembok agar motif yang ditembok berbeda warna dengan yang tidak ditembok nantinya. Proses selanjutnya yaitu pewarnaan. Dalam proses ini kita dapat menggunakan naptol sebagai pewarna. Setelah itu kita angin-anginkan (jangan terkena sinar matahari langsung).

Panjang kan teman prosesnya ? Maka dari itu harga batik cukup mahal. Di Indonesia batik banyak macamnya. Mulai batik Yogyakarta, Pekalongan, Solo dll. batik merupakan salh satu budaya Indonesia. bahkan sekarang sudah dikenal seluruh Dunia. Sekolah-Sekolah seperti SMP, SMA, bahkan Universitas pun sudah memasukan batik ke dalam mata pelajaran mereka. Sungguh budaya yang sangat membanggakan. Tapi batik juga pernah di claim oleh Malaysia. Namun kemudian UNESCO menetapkan batik sebagai budaya milik Indonesia.

Sungguh hal yang luar biasa bagi bangsa kita. Sekarang batik banyak berkembang di Dunia. I Love Budaya Nusantara.

Sumber gambar :  http://indonesialovers.blogsome.com/images/batik1.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google